Monday, September 17, 2007

Hospitalized

Selama minggu pertama setelah dipakein tube Katya is doing fine, tiap 3 jam dia di kasih minum. Ternyata baby premature juga beda untuk pengaturan suhu ruangannya, mereka ga bisa dalam ruangan yang terlalu dingin soalnya kalo terlalu dingin suhu badan mereka pun jadi turun sementara mereka ideal-nya sekitaran 36.5 - 37.2 derajat. Gue belajar banyak hal dari suster suster dari rumah sakit yang home care di rumah gue.


Tapi untuk urusan minum dari tube tetep aja gue ga berani, soale kalo ga hati hati bisa keselek. Suster-nya juga tiap hari ganti ganti yang home care di tempat gue. Ada 3 shift: shift pertama mulai dari jam 8 pagi sampe jam 1 siang, shift kedua dari jam 2 siang sampe 7 malam dan shift ketiga dari jam 8 malam sampe jam 7 pagi. Gue salut banget sama mereka, terutama shift malam, asli deh jam berapapun gue nengok katya, suster stand by terus.

Mereka soalnya takut 'kecolongan', maksudnya takut si baby berhenti nafas atau kena SIDS, karena banyak kasus bayi prematur suka lupa dan berhenti nafas. So, Katya is really in a good hand banget dengan adanya mereka. Oh iya, trus persis tanggal 14 Juli, Katya puput puser dan sesuai adat keluarga gue, biasanya tali puser kakak dan adik, setelah masing masing di bungkus dalam plastik dan di tandain kapan puput puser-nya, trus tali puser-nya di jadiin satu tempat. Katanya biar kakak dan adik selalu rukun.

Pas tgl 15 juli malem, tiba tiba Katya kok bersin bersin, dan kebetulan Kayla memang lagi flu dan suka tiba tiba deket adiknya padahal udah kita larang. Gue udah senewen juga, takut Katya kena flu. Eventhough, udah full asi terus minumnya tapi tetep aja daya tahan prematur beda dengan bayi biasa. Apalagi ini baru beberapa hari lahir pula. Untungnya sampe besoknya ga pa pa. Duh lega deh gue.

Eh ternyata besok besoknya ada bersin bersin, tapi ga ada panas or demam. Ingus juga ga ada, so kita pikir kena debu or else deh. Nah, pas Kamis sore tgl 19 gue nganterin Kayla les trus tiba tiba dapet telpon dari nyokap gue kalo Katya mo di bawa ke rumah sakit gara gara tadi tiba tiba kayak kesedak ingus trus sempet biru mukanya. Untung ada suster yang home care, jadi langsung di sentil telapak kaki-nya dan langsung back to normal. Just to make sure, tetep Katya di bawa ke RS duluan dan gue nyusul dari tempat les. Asli deh, itu yang namanya perasaan gue udah ga keruan rasanya.

Sampe di rumah sakit, dokter yang biasa handle Katya kebetulan praktek jadi kita langsung disuruh masuk dan pas di periksa ternyata betul ada ingus yang ga bisa keluar jadi dari pada kenapa kenapa di advice lebih baik Katya di rawat dulu. Selama di ruang praktek, gue masih bisa tenang dan langsung ngabarin suami gue yang kebetulan lagi dinas di singapore dan baru pulang malem itu. Tapi begitu sampe ruang rawat NICU baby, langsung deh gue nangis. Abis, kasian banget liat dia harus di rawat. Ngebayangin dia sendiri di RS sementara kita semua di rumah, that's really a mother's nightmare.

But, paling engga ada satu hal yang bikin gue lumayan tenang adalah suster di NICU RS itu, suster suster yang home care di rumah gue. Jadi mereka udah kenal Katya dan gue pun feel safe ninggal dengan mereka karena gue pun kenal dengan mereka. Satu hal lagi yang bikin hati miris adalah pas liat Katya harus diambil darahnya melalui telapak kaki-nya. Duh, bener deh amit amit jangan sampe deh ke ulang lagi kek gitu. Pas malem-nya suami gue dateng dan langsung ke RS, kita berdua cuman bisa pasrah aja and hope for the best karena Katya harus di uap / nebulizer tiap 4 jam dan ga mungkin kita lakukan di rumah.

So for the next few days, tiap hari gue kerjaannya ke RS buat nengok Katya sekalian nganterin asi buat dia. Trus pas tanggal 25 juli, Katya di tindik kupingnya di rs jadi sekarang dia udah pake anting biar lebih kek cewe. Dia di rawat dari tanggal 19 juli sampe 30 juli, dan pas pulang udah ga pake tube lagi karena per tanggal 25 juli itu tube-nya di lepas.

2 Comments:

At 8:49 AM, Blogger 0ni said...

Mooniiiccc... duh makasih udah posting.. gue kira elo dah bosen updet blog elo hahaha.....

mirip juga ama si cici ya Mon.. foto terbaru gresnya mau liat jg kalo elo sempet post :).

 
At 3:52 PM, Anonymous Anonymous said...

aduh monic... udah tampangnya mirip bapaknya.., kok penyakit pileknya dan tersumbat hidungnya kok juga kaya andi ya.., tapi ga deh.., rebuke.., anaknya musti lebih mendingan dari bapaknya.. hehehe.. :D

 

Post a Comment

<< Home