Friday, September 14, 2007

Setelah Lahiran and tube


Setelah lahir pas sabtunya (7/7/7), selama hari minggu ga putus putus tamu mulai dateng nyamperin. Dan kebetulan gue juga udah bisa mulai turun ranjang dan mulai bisa jalan jalan ke kamar bayi segala. Duh, ngeliat si katya kayanya kasian banget deh, abis kecil banget di bandingin bayi yang lain, soale di kamar baby rata rata pada lahir full term semua.

Ngobrol sama dokter anak pas minggu siang and dia bilang katya kudu stay dulu for a few days di rumah sakit karena premature gitu takutnya ada apa apa, biasa deh penyakit premmie (prematur) khan takutnya berenti nafas atau tidur melulu jadi minumnya kurang. Sedih banget deh pas tau gitu, tapi yah untuk kebaikan anak sendiri yah sudahlah di rela rela in juga. Sementara gue boleh pulang senin pagi.

Senin pagi pas mo nengok katya di baby's room, gue ketemu dokter anak-nya dan pas gue tanya kapan boleh bawa pulangnya, eh dia bilang boleh karena menurut laporan suster disana, katya bisa minum susu sendiri (masih di kasih formula dulu karena asi belum keluar sampe hari minggu). Gue surprised banget pas tau gitu, antara excited sama was was juga soale gue ga tau juga how to handle premmie. Setelah tau gitu gue langsung keinget cerita tante-nya andi kalo waktu itu ada cousin suami gue yang anaknya juga premmie, 34 weeks juga cuman di suruh stay di rumah sakit selama 2 minggu-an dan pas pulang dia home care dengan suster dari NICU (Neonatal Intensive Care Unit) dari salah satu rumah sakit swasta di jakarta.

Langsung gue telpon ke sana dan gue janjian untuk minta bantuan mereka. Jadi mereka bukan baby sitter tapi betul betul perawat, 1 hari ada 3 shift yang akan datang ke rumah dan shift malam itu betul betul mereke tidak tidur buat ngeliatin baby-nya as if mereka jaga di rumah sakit. Janjian nanti jam berapa gue bakal ketemu di RS tersebut dan dimana ketemunya.

Sementara itu kita juga bingung soale karena mendadak tau tau lahiran, buat katya baju baby-nya kayla belum kita keluarin and eventhough ada pun masih kegedean semua soale adiknya ini khan prematur. Jadi seadanya baju deh di pake-in pas bawa pulang Katya, sampe rumah pun di kamar masih super berantakan banget karena musti beresin baju Kayla dan Katya, maklum lemari masih isinya baju Kayla semua.
Sampe rumah sebentar, gue dan suami kudu berangkat lagi untuk jemput perawat / suster di rumah sakit. Setelah jemput dan ketemu suster-nya, gue langsung teler soalnya gue flu banget dari setelah operasi.

Pagi-nya gue tanya gimana si Katya, dan ternyata kata suster-nya pas malem itu dia rada susah minum, kebanyakan tidur dan pas minum ada cyanosis (biru seputar mulut). Nah kalo dah biru gitu, harus di cabut dot-nya karena kalo cyanosis gitu artinya refleks hisap, telan dan nafas dia belum sempurna. Musti diperhatiin banget jangan sampe biru karena artinya dia lupa nafas. Ngobrol punya ngobrol, di putuskan kalo sampe besok masih cyanosis gitu, bakal di pasangin tube / sonde untuk dia minum.

Kebetulan para suster ini, adalah suter dari dokter anak yang spesialisasi prematur jadinya mereka bisa report daily ke dokter itu dan decision bisa di buat dengan mudah dan aman. Pas selasa malam akhirnya tube di pasang oleh suster-nya, gue gak berani liat. Kasian banget liat bayi di pasangin tube. Dia sih engga berasa sakit, tapi kitanya aja yang ga tega. So selama beberapa hari dia pake tube terus untuk minum, sambil terkadang di coba juga minum secara botol soalnya untuk melatih dia juga. Memang betul deh, punya premmie itu beda banget deh. Kudu extra hati hati banget.




2 Comments:

At 9:42 PM, Anonymous Anonymous said...

semoga 'kat cepet pick-up deh..
kasian liat baby cute di pakein TUBE gitu hiks...

 
At 7:52 AM, Blogger Eliza said...

bajunya masih kegedean ya Mon...udah bisa dimandiin ya? lucu tampangnya katya gitu...

 

Post a Comment

<< Home