Saturday, April 16, 2005

Confession of a Blog-a-holic

Menulis di blog ataupun blog-walking sudah menjadi rutinitas gue selama beberapa bulan terakhir ini. Malah sebetulnya reading other people's blog sudah gue lakukan way..way..way before that. Kenapa pada akhirnya gue juga menjadi seorang bloggers? Simple answer..'coz I love to talk. Lho apa hubungannya talking and writing blog? For those of you who ever meet me in person must know that I love to talk...I can talk for hours dengan segala macam topik, just name it. Terkadang banyak hal yang ingin gue ceritakan tapi kebetulan sparring partner critanya lagi 'gak ada so I decided to write dan akhirnya terciptalah blog ini.

Medium penulisannya pun beraneka ragam, ada yang menggunakan jasa blogspot (contohnya saya sendiri but don't ask me why), tblog,ebloggy, live journal dan bahkan friendster pun baru menambahkan feature blog dalam site mereka. Alasan penulisan juga berbeda-beda, ada yang menceritakan pandangan mereka tentang suatu hal, ada yang menceritakan daily activities mereka atau passion mereka tentang suatu hal, misalnya musik, art even cooking.

Yang unik menurut gue adalah cara setiap orang menuangkan semua hal tersebut ke dalam suatu karangan dimana A selalu menggunakan gaya bahasa yang ringan sementara B dengan bahasa yang aristokrat atau C dengan melodramatic-nya. Dari cara penulisan seseorang, sebetulnya sedikit demi sedikit kita bisa membaca character mereka dalam dunia nyata tapi tentunya itu hanya bisa dilakukan bila kita secara extensive membaca posting mereka. Selain daripada itu, dengan blog kita bisa terhubung dengan mereka yang sebelumnya belum pernah kita kenal. Contohnya saya sendiri banyak mendapat teman baru di belahan dunia lain which I'm very grateful for that. Seolah jarak dan waktu bukan lagi menjadi halangan untuk menambah circle of friend kita malahan sehari tidak mampir ke blog mereka sudah membuat gue kangen lho :D..juga membaca blog teman atau "future" teman dapat membantu meringankan stress apalagi bila postingan tersebut ringan dan kocak belum lagi bila posting si teman sesuai dengan perasaan kita saat itu atau sesuai dengan pengalaman yang pernah kita alami pasti komennya "Wah gue banget tuh!!!"

Tapi on the other side of the coin, banyak juga pemalsuan identitas yang dilakukan oleh mereka yang tidak bertanggung jawab. Pernah pada saat blog-walking gue 'terdampar' di suatu blog dimana saat itu si pemilik blog mendapat kritik yang cukup pedas karena si kritikus merasa si pemilik blog tersebut memberikan comment yang tak semestinya di blog kritikus. Si pemilik blog, sebutlah A membantah hal tersebut karena tidak pernah mampir ke blog kritikus dan setelah dilakukan cek lebih lanjut ternyata ada seorang yang tidak bertanggung jawab yang memalsukan identitas dengan menyamar sebagai A. Just be careful with that...

Ok..now that you know the reason why I love being a blogger, why don't you tell me yours. And if you still doesn't have a blog..get one, it's fun!!!!

6 Comments:

At 6:33 PM, Blogger only if . . . said...

Monic, gue jd pengen banget ketemu elo :D so we can talk & talk..

Kalo elo seneng ngomong, pas dong ama gue yang seneng dengerin org ngomong hehehe..

Well, hopefully in the future ya Mon ;)

 
At 9:49 PM, Anonymous Anonymous said...

Jaman dahulu kala, waktu gue belom ketemu LJ gue ngeblog di diaryland. Mulanya gue blog karena gue balik lagi sekolah thn 99, dan abis itu Djundi sering tugas ke Indo jadi cara nya kita communicate dan gue cerita ngapain aja gue sehari hari ya lewat online journal... eh keterusan.. kayak elo Mon.. gue jadi enjoy dapet temen baru, sementara temen2 lama juga tetep bisa tau what's up with me and my life. Berhubung hubby yang masih juga sering tugas ke Indo, journaling jadi jalan terus... apalagi sekarang subject ceritanya bertambah.. nyeritain monster2nya yang dia tinggalin ama gue hahaha.

 
At 9:55 AM, Blogger kay's mom said...

wah ka..loe kalo ketemu gue bisa gak dapet giliran ngomong alias gue salip kayak mikrolet mulu dah :D

oni, eloe mah emang kudu nge-blog..kl gak kasian djundi 'gak apdet stori anak anak yah..makanya so far gue masih berasa nge-blog itu masih banyak plus-nya.

 
At 11:21 AM, Blogger Rea Yohannes said...

Monic..., kalo yang gaya bahasanya melodramatik pasti gue yah..
hehehehhe..., abis gimanaa.., I cannot help itttt... I am a pure melancholic... :|

 
At 2:21 PM, Blogger kay's mom said...

wah rea..'gak kok, honestly banyak yang lebih melodramatic dari kamu, baca-nya aja ampe stress..hi..hi..hi...

 
At 2:49 AM, Anonymous Anonymous said...

Monic .. salam kenal dari Santi (LJ name: Jobir). Gw udah sering liat elo kasih comments di LJnya Eka and Oni ... and baru aja gw kelar baca blog elo dgn tekun ..hihihi ... asli elo lucu benerrrrr siiih Mon ... bikin gw jadi happy juga gitu loooo.

 

Post a Comment

<< Home