Monday, April 18, 2005

My Father

Kemarin pagi pas abis bangun gue langsung masang TV dan kebetulan ada film Dad yang sebetulnya bisa dibilang film lama juga. Film ini menurut gue OK banget soale bisa bikin gue nangis bombay dari depan ampe belakang bow. Jadi critanya ini menceritakan hubungan antara seorang ayah dengan anak-nya dimana si anak baru bisa mengerti how strong the bond between him and his father pada saat-saat akhir dari hidup si ayah. Kalo belon nonton coba deh try to get it tapi yah kudu siap tissue 1 kotak deh...tapi itu gue lho, soale gue easily touch by movies like that.

Maybe just maybe it reminds me to my own father who passed away 5 years ago. Bokap gue itu type bokap yang sayang banget ama keluarganya, type family man deh. Cuman emang dia bukan type yang bisa menunjukkan kasih sayang kayak orang bule gitu, 'gak pernah deh gue dipanggil pumpkin although I'm sure if he's still here he'll call me that for the way I look today (wah mustinya kalo halloween gue jng kelayapan dijalan yah :D). Maksud gue, dia bukan type yang meluk-meluk anak-nya trus cium-cium alias affectionate gituh cuman kita bisa berasa deh kalo dia cinta banget sama gue and adik gue.

Dulu jaman kecil, gue khan aktif ini dan itu, salah satunya pramuka gitu *eh, masih ada gak yah skr..jadi mikir neh* trus kita kadang suka camping dimana gitu, nah dia sama nyokap tuh yang bisa-bisanya muncul di camping ground. Yang ada jaman dulu malu lah disamperin ortu, kok kesannya kek anak kecil aja, kalo dah gitu gue yang berbasa-basi bentar trus nyuruh 2x mereka pulang *duh jahatnya gue dulu* padahal kalo dipikir khan jelas mereka perhatian ma gue buktinya jauh 2x juga disamperin. Trus bokap juga type yang demen banget ngajak kita jalan-jalan, so tiap minggu pagi-pagi biasanya kita dah disuruh siap-siap buat jalan kemana gitu, pokoke jalan trus deh judulnya. Bisa dibilang gue very fortunate punya masa kecil yang bahagia dan itu terus gue syukuri sampai detik ini.

Sayangnya bokap punya sakit jantung yang dibilang cukup unik, mulai dari valve di jantungnya yang sempet di replace dan sampai terakhir otot jantung-nya lemah. Dulu setahun sebelum gue married, bokap sakit parah banget dan terakhir harus di rawat di rumah sakit selama more than 3 months. Kita udah pasrah banget soale dokter juga dah bilang kondisinya berat tapi terkadang manusia boleh berusaha tapi Tuhan juga yang menentukan khan. Ternyata bokap gue bisa keluar rumah sakit tapi sambil tetep rawat jalan but he's never be the same man again. Buat orang seaktif dia trus harus mendekam di rumah merupakan suatu hal yang amat sangat berat dan eventhough he never said it, tapi kita tau he kidna lost his pride soale kmana mana 'gak kuat jalan dan badannya yang tadi-nya gagah trus jadi betul-betul tinggal tulang dan kulit (I'm serious). But one thing that we thought was a miracle adalah pada saat gue married, walaupun dia harus berjalan tertatih-tatih tapi dia kuat nge-gandeng gue dari depan gereja sampai ke altar. Saat itu, semua sodara bokap maupun temennya nangis pada saat liat bokap bisa kuat gandeng gue. Gue berasa banget kalo God gave him another year buat dia bisa spend more time with his family, which we're really grateful for that sebab berapa banyak sih yang diberi kesempatan kedua seperti itu.

Ada satu scene dari film Dad yang langsung 'menyentil' hati gue yang paling dalam adalah pas saat Ted Danson bilang kalo ,"Apakah kita pernah memikirkan bahwa ayah kita setiap harinya pergi bekerja ke tempat yang maybe dia tidak suka tapi every single day dia tetep berangkat kerja because he's a dad" yang gue artikan bahwa mungkin aja ayah kita 'gak suka dengan apa yang dia kerjakan, tapi mengingat dia seorang ayah yang harus mengayomi keluarganya maka dia tetep berangkat dan mengesampingkan perasaan tidak sukanya demi anak dan istri-nya supaya mereka mendapat penghidupan yang layak.

Even after 5 years, tetep aja berat mengingat saat dia 'pergi' knowing that gue ada disamping dia pada saat hembusan nafas terakhir-nya. Dan betul banget phrase yang mengatakan bahwa "You never know how much you love someone until the day you lost him." Ada beberapa hal yang gue merasa belum sempet gue perbuat to make him proud but maybe..just maybe.. in his own way.. he's proud having daugters like me n my sis who are so independent. Oh..how I miss you dad.....

I wish I had the chance to say out loud, " I LOVE YOU DAD... Even if God give me a chance to be reborn again..I'll still choose you as my dad ....coz you'rethe best dad in the whole world."
--In memoriam of my father--
1942 - 2000

7 Comments:

At 2:01 PM, Blogger Rea Yohannes said...

:) ... Dads are amazing, aren't they..
giving literally all your life, ALL your life man.., to your children..
working hard to earn money, just to spend it on other people (namely your children)... wah.. bener2 menghabiskan hidupmu untuk anak.., itu literally give your life away.., very very honorable

 
At 9:04 PM, Blogger only if . . . said...

Mata gue sampe berkaca-kaca bacanya :(

Ortu elo tampaknya sama seperti ortu gue.. gue juga suka disamperin gitu pas ada acara semacam camping :) Emang sih rada tengsin soalnya gue sendiri yang begitu.. tp gue nyadar semua krn mereka sangat2 perhatian sama anaknya jd gue juga gak protes.

 
At 9:20 PM, Blogger kay's mom said...

gue aja nulis-nya sambil bercucuran air mata kok :( beneran deh the movie really reminds me of him banget makanya gue jadi gini..tumben yah...

 
At 11:25 AM, Anonymous Anonymous said...

hi monic,
steve (my hubby) just lost his dad a month ago. we know how you feel. it leaves a big hole in our heart when we lose someone we love. but it helps to think that they are up there now and are smiling:)

 
At 5:35 AM, Anonymous Anonymous said...

mon, gileee sedih bener gueeee bacanya...ampe mau nangis gue...jadi kangen bonyok deh gue (udah nggak ktm 2 thn-an nih)
tipe bonyok gw jg yang deket ke anak2 gitu lagi (well terutama gue sih, soalnya gw anak cewek satu2nya kali yaaa)...
kalo gue camping/latian drumb band/kerja, rajin lhoo mrk anter jemput....sampe jd ngetop diantara temen2 gue..
mknya kita2 yang masih punya ortu lengkap mesti bersyukur nih, thanks buat blog loe

 
At 9:28 PM, Blogger Lely said...

Monic, bagus banget tulisannya... It really touched me! I couldn't stand my own father... tp spt yg elo tulis,- "You never know how much you love someone until the day you lost him." - I think I have to try to accept him no matter what and understand him better.

 
At 9:28 PM, Blogger Lely said...

This comment has been removed by a blog administrator.

 

Post a Comment

<< Home