Thursday, May 12, 2005

Jodoh

"Amit..amit..gak bakalan deh gue naksir cowo kayak gitu"
"Pokoknya gue mo kawin ma bule, gak mau ama anak Indo juga"


Pasti deh sering denger ucapan seperti itu atau malahan kita sendiri yang pernah ngucapin kata kata kek gitu. Gue pernah dan kayaknya kemakan ucapan sendiri. Dulu gue punya gambaran cowo ideal, dimana cowo-nya sabar, baik sama gue, pinter, jago olah raga, bisa maen musik, bisa diajak gaul, siap antar jemput kemana aja, tinggi, doyan makan, hobi dengerin jazz dan masih banyak lainnya. Tapi kenyataannya dari semua yang gue idamkan paling hanya sepersekian persen yang masuk dalam gambaran suami gue. Kenapa begitu? Wah gak tau deh..maybe that's faith :D

Siapa sih yang bakalan tahu jodoh kita siapa..bisa aja dulu kita bercita-cita punya suami bule eh end up dapet orang Indonesia. Yang dari dulu pacaran lama dengan orang Indonesia eh merit-nya ternyata sama bule. We'll never know khan. Yang pasti namanya orang tua pasti maunya dapet menantu yang satu bangsa, satu suku dan satu agama. Dimana hal itu gue rasa juga sudah mulai susah, apalagi sekarang sudah bukan jaman siti nurbaya lagi. Jarak bukan lagi menjadi halangan untuk menemukan jodoh, apalagi dengan kemajuan teknologi seperti saat ini. Ruang chatting dan milis bisa juga menjadi suatu ajang bertemu dengan calon pasangan hidup. Banyak success story dari temen gue yang menemukan pasangan hidupnya melalui chatting.

Sebetulnya yang masih membuat pusing itu bila ortu dah mulai ikut campur, even gue kebetulan gak ngalamin tapi beberapa temen gue ngalamin hal itu and I would say it was one of a hell experience. Terkadang pertanyaan yang timbul, apakah menjamin jika kita secara spesifik mencari jodoh dengan satu ras, satu suku ataupun satu agama sudah dipastikan lebih langgeng? Disini lebih berperan gengsi ortu dengan alasan terkesan old fashion banget such as gak enak sama keluarga besar, takut diomongin, suku ini pelit, bangsa itu cuek dan lain sebagainya. Padahal itu semua semata hanya alasan saja dan yang menjalankan khan kita. Tak kenal maka tak sayang dimana pepatah itu bener banget, artinya kalo memang pasangan dari background yang totally different from us, kita harusnya lebih menyelami budaya dan kebiasaan mereka bukan langsung memberikan 'cap' tersendiri.

Alhasil, banyak juga temen gue yang ditentang oleh orang tuanya tetep nekat dan akhirnya memilih tinggal di luar sehingga hubungan anak dan orang tua terputus. Malahan menurut gue itu lebih menyakitkan khan, kehilangan anak bukan dalam arti sesungguhnya. But again, it's not my right sih buat bilang gitu....maybe it's easier to say than done. Intinya sih buat gue siapapun jodoh kita dan dari mana asalnya pun yang penting kuncinya adalah saling pengertian, toleransi and open communication. Asal itu bisa di jalankan dengan baik pastilah gak ada masalah. Beda itu baik..it makes our world more colorful. Don't you think so?

6 Comments:

At 8:05 AM, Anonymous Anonymous said...

betul sekali saudari monic:) gw suka sedih kl denger ada pasangan beda agama akhirnya putus krn ditentang ortu. or yg lebih stupid..beda bangsa or beda suku (?) clueless deh gw..

 
At 2:15 PM, Blogger Rea Yohannes said...

hehehe..., kalo aku tidak pernah bercita-cita merit ma bule, malah ga nganggep deh sama bule.., nggak enak lagi mon..., ngomonge ora iso ngomong jowo medhok mother tongue...
terus sepertinya kok ada hal2 yang kita nggak bisa konek gitu.., itu menurutku loh..., tapi yah..., orang kan masing2..
Yang jelas aku bahkan tidak bercita2 merit, tapi apa daya tangan tak sampai sepertinya jerat kuno bernama pernikahan ini mungkin kejadian juga ma aku, walaupun seperti ceritamu.., sepertinya harus melewati medan ranjau yang sampai sekarang belum berani kulewati...
:P

 
At 3:24 AM, Anonymous Anonymous said...

waah keknya cowok idaman loe dulu itu sama ma gambaran cowok idaman gue juga deh (or smua cewek kali yaa)...cuma dasar gak jodoh, dapetnya malah kebalikannya, gak dark skin, gak bisa maen musik, gak jago olah raga, gak rajin ke gereja, gak suka jalan2 or strolling down gitu, tapi dasar jodoh jadinya yaa cocok2 aja tuuh, itu yang lebih penting kali yaa..

 
At 7:57 AM, Anonymous Anonymous said...

when it comes to this matter, i proudly say that i have the MOST OPEN-MINDED parents ever... why? 'cuz they accept whoever we date or end up marrying... asians, caucasians, latinos, indians or even blacks... to them, skin color is not something to worry/think about at all. what they really care is the personality of the person and s/he treats their kids. i'm so lucky to have them :)

 
At 5:29 AM, Blogger Lely said...

wah.. kalo emak gue keberatan dulu krn si Duren lebih muda drpd gue hihihi... katanya dia mah kaga bakal mau merit cepet2.. tapi setelah keliatan tu anak serius.. luruh juga die..ketakutannya pun tdk terbukti kaan... Nggak ada masalah siy mo soal beda ras apa nggaknya, soalnya nyokap gw lebih mentingin tu anak sikapnya begimana2, baek apa nggak, bisa kerja apa nggak.

 
At 2:30 AM, Blogger only if . . . said...

percaya gak ortu gue dulu lbh mendukung seandainya gue married ma org yang sesuku.. gak tau apa alasannya ? mungkin buat mereka lbh convinient :P

akhirnya malah dapet mantu yang totally beda dgn yg diharapkan. Kadangan kita memang gak boleh terlalu punya patokan 'harus begini or gak bisa begitu'.. karena semua akhirnya toh Tuhan juga yang nentuin fate kita.

 

Post a Comment

<< Home