Tuesday, May 17, 2005

What's in a name?

What's in a name? That which we call a rose
By any other name would smell as sweet.

--William Shakespeare, "Romeo and Juliet"--

Nama kadang-kadang bisa bikin kita kecele, contohnya kemarin malem gue mo potong rambut dan sedikit merubah warna rambut so gue sempetin untuk mampir di sebuah salon yang lokasi-nya gak jauh dari kantor gue. Karena baru 2 kali kesana so gue gak terlalu hafal siapa yang motong, so pas di tawari stylist bernama Lulu gue ok aja. Tiba-tiba datang seorang cowo dan langsung menyapa gue dengan manis, sambil tanya mo di gunting model apa. Lho kok??? Ternyata namanya Lukman tapi punya panggilan Lulu kalo di tempat kerja..walah....

Selain daripada itu banyak nama yang bisa dipakai cross gender and that's his/her real name lho not nickname. Contohnya dulu ada satu couple dengan nama Emil dan Wahyu ternyata Emil itu laki-laki dan Wahyu ternyata wanita. Last name pun bisa membuat orang terkecoh dengan ethnicity, misalnya Lee is commonly associated dengan Asian people walaupun ternyata banyak Caucasian bermarga Lee juga.

Sebagi bangsa dengan suku bangsa yang beragam, otomatis pemberian nama di Indonesia cukup unik. Terkadang dari namanya saja bisa di tebak background etnis-nya misalnya saja Joko, Wujud, Slamet bisa di golongkan sebagai nama dari suku Jawa sedangkan Asep, Gun Gun, Cecep, Nanang bisa berasal dari suku Sunda. Belum lagi tradisi pemberian nama di suku Batak dimana nenek/kakek mempunyai hak yang sama dalam memberi nama kepada calon bayi sehingga bisa dipastikan namanya terdiri lebih dari 2 suku kata, misalnya John Poltak Richard Nababan.

Belum lagi pemberian nama sesuai dengan kondisi yang dialami saat itu, misalnya Prihatini karena lahir dalam suasana prihatin, Febrianto karena lahir di bulan Februari ataupun Eka karena lahir sebagai putra/i pertama. Atau bisa diberikan nama-nama unik sebagai gabungan dari nama orang tua ataupun ungkapan perasaan, misalnya teman kantor gue yang bernama Aswita yang merupakan kependekan dari Aku Seorang Wanita. Even nama buah pun bisa dipakai contohnya Gwyneth Paltrow yang memberi nama anak wanitanya: Apple. Belum lagi yang menggunaka nama binatang, misalnya Gajah Mada. Pendek kata nama bisa diciptakan dari segala hal.

Tapi memberi nama itu gampang-gampang susah, karena di dalam adat juga ada istilah 'keberatan nama' sehingga si anak sering sakit-sakitan jadi namanya harus diganti dengan mengadakan selamatan dengan bubur merah putih. Hal ini juga pernah dialami oleh sepupu gue yang kudu ganti nama yah karena itu sakit-sakitan sehingga dianggap keberatan nama. Lucunya setelah namanya diganti langsung sehat walafiat. Aneh khan? But you have to believe it...

Actually for you who have an unsual name, you should be lucky soale punya nama unik itu banyak gunanya lho salah satunya pas buat e-mail account di yahoo, google atau apapun gue jamin deh gampang banget. Coba deh masukkin nama seperti gue Monica..wah pasaran banget. Juga kalo kenalan dengan orang, it will make an impression 'gak bakal gampang dilupain (although on the other side, susah juga dihapalin).

Anyway, balik lagi what's in a name? Well the answer is.....many.

7 Comments:

At 9:40 AM, Blogger Lely said...

Nama gue: Lely Susanti, sering diisengin org ditanya.. sapanya Susi Susanti? Buat temen2 non Indo, sistem pe'nama'an di keluarga gue terhitung aneh, soalnya last nama gue ama adek gue kan ngga sama.. which is normal in Indonesia toh?? Emang ada sih yg sekeluarga share similar last name... tp banyak juga yg namanya laen2 kan? Drpd pusing, gw jawab aja: Security reason!! jadi kalo anak or ortunya bermasalah, yg laen kaga kebawa2 =P

 
At 12:33 PM, Anonymous Anonymous said...

untung nama gue lumayan agak berbau int'l, jadi gak terlalu susah pas pindah kesini (walopun malu juga, yang punya nama ini biasanya grandma2..hiihihiii).
Last name sih Octavia (tauu dong) lahirnya october, gak kreatif.
Sekarang gw lagi debate nih soal last name, mesti ganti cuma gak sreg ma last name hubby gue - Hamdani (susah di ejanya), tapi kalo gak diganti, gak enak juga.

Kayak waktu married disini, priest gue sampe ngirain bonyok gue divorce, gara2 nyokap gak pake last name bokap, & juga disangka gw punya step brothers, abis last namenya beda semua.

 
At 4:14 PM, Anonymous Anonymous said...

at least we're more creative when it comes to names... 'n kebanyakan tiap org namanya ya ada artinya ato ada alesan dibelakang nya kenapa dinamain gitu... coba org2 sini... itung aja brp juta org yg namanya john ato richard ato mary ato jennifer or stacy... hehehehe kalo ditanya kenapa punya tu nama ... 99% gak tau kenapa :D

 
At 2:44 AM, Blogger only if . . . said...

Iya, gue sempet tanya ma hubby kok org western pake namanya Asian sih ? Kyk Lee or Kim (ini kali singkatan dr Kimberly) ..

Anyway, gue syebel juga ma nama gue.. gak kreatip banget kekeke..

Cuma kalo anak-anak sih kita kasih yang memang ada maknanya meski pasaran juga.. abisnya gak suka juga sih kalo yang dibikin2 tp gak ada arti hanya supaya kedengaran unik.

 
At 11:36 AM, Anonymous Anonymous said...

iyaaaah.. gw di sini suka dipanggil 'ashley' hehhee... jadi kadang kalow gw lagi antre apaan, daripada orang susah-susah, gw pake aja nama ashley... hehehe... :D

astri
http://keluarganugraha.net

 
At 11:36 AM, Anonymous Anonymous said...

iyaaaah.. gw di sini suka dipanggil 'ashley' hehhee... jadi kadang kalow gw lagi antre apaan, daripada orang susah-susah, gw pake aja nama ashley... hehehe... :D

astri
http://keluarganugraha.net

 
At 2:26 PM, Blogger Rea Yohannes said...

namaku artinya "wanita yang bijaksana"
that's andreati sofia
kalo rea itu artinya ibu.., hehe.., ironic isn't it..
Yohannes nama keluarga. artinya aku lupa.., kalo ga salah prajurit apa pemberani gitu..

aku pernah punya saudara yang karena katanya keberatan nama ampe namanya diganti pake bancakan jenang merah jenang putih. anyway proses ndoa'in seseorang itu selalu bagus.

rea

 

Post a Comment

<< Home